Posted by & filed under Artikel.

Kompetisi body contest telah selesai. Kini saatnya off season! Nah, off season merupakan masa yang sangat tepat untuk menambah massa otot agar Anda bisa tampil lebih bagus lagi di kompetisi berikutnya, dan Anda pun bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi dari yang sudah Anda capai saat ini.

Well, meski kedengaran mudah namun banyak juga orang, bahkan yang sudah lama berkecimpung di dunia body contest pun, masih melakukan kesalahan-kesalahan selama masa off season.

Nah, berikut ini ada 10 kesalahan yang paling sering terjadi saat off season dan bagaimana cara mengatasinya!

  1. Kurang Makan
    Setelah kompetisi berakhir, tak jarang orang yang ingin mempertahankan kondisi definisi ototnya yang tajam dan ingin menjaga perutnya tetap sixpack. Alhasil, makan pun dikurangi demi itu semua. Ini menyebabkan tubuh tidak ada tenaga untuk latihan beban berat sehingga tidak ada perkembangan yang signifikan.

    Tahukah Anda? Off season adalah waktu di mana kita membentuk 95% otot kita. Tanpa energi yang cukup, Anda tidak akan dapatkan perubahan yang Anda inginkan. Pastikan Anda makan cukup kalori meski akan menambah sedikit lemak, namun saat Anda sudah mulai diet menjelang kompetisi, lemak ini akan dipangkas.

  2. Junk Food
    Sehabis kompetisi, entah itu menang atau kalah, sebagian besar orang akan mengonsumsi makanan kesukaan, tak peduli itu sehat atau tidak. Ini sebenarnya tidak masalah asalkan jangan keterusan. Sebagian orang berpikir bahwa junk food pun bisa dikonsumsi untuk mengisi kebutuhan kalori saat off season.

    Ingat bahwa perubahan yang ingin kita dapatkan selama off season adalah bertambahnya massa otot, bukan lemak. Junk food memang tinggi kalori namun hasilnya, penambahan otot sedikit dan lebih banyak lemak yang bertambah. Makanlah lebih banyak daging, karbohidrat complex dan lemak sehat.

  3. No Carbs
    Karbo adalah sumber tenaga yang penting, apalagi saat off season. Tapi, pilihlah karbo yang sesuai. Setelah latihan, Anda butuh karbo simple untuk membantu menaikkan kadar insulin dan membawa glikogen tersebut ke otot Anda, juga membantu membawa asam amino dari susu protein yang Anda konsumsi setelah latihan menuju ke otot Anda.
    Nah, pada saat sarapan atau makan siang, Anda butuh karbo kompleks yang akan menyediakan tenaga lebih panjang.
  4. Menghindari Kardio
    Banyak orang melakukan salah satu kesalahan terbesar ini. Alasan mereka umumnya adalah karena tidak mau kehilangan massa otot dengan kardio. Namun faktanya, 30 menit kardio sebanyak 3 kali dalam seminggu akan meningkatkan perfoma Anda selama off season.

    Dengan menambahkan kardio dalam program latihan Anda, nafsu makan Anda akan meningkat sehingga memudahkan Anda untuk makan makanan sehat. Selain itu kekuatan kardiovaskuler akan menjadi lebih baik sehingga membantu angkat beban.
    Kebanyakan orang masih kuat untuk mengangkat beban namun seringkali kehabisan nafas sebelum menyelesaikan set dan repetisinya. Jika terjadi terus menerus, size otot bisa berkurang.

  5. Kardio Berlebihan
    Terkadang orang-orang terlalu banyak kardio dalam latihannya dengan tujuan untuk menjaga kondisi dan definisi ototnya selama off season agar tetap seperti waktu kompetisi, sehingga energi dan staminanya lebih banyak terkuras untuk kardio daripada latihan beban. Jadi, lakukan program kardio dalam level sedang saja.
  6. Banyak Memakai Mesin
    Latihan menggunakan mesin memang nyaman namun menggunakan beban bebas atau free weight tetap lebih baik. Free weights menggunakan dumbbell dan barbell seperti squats, deadlifts, rows, dan bench, dan lain sebagainya adalah menu Anda saat off season dan on season karena latihan tersebut merangsang lebih banyak serabut otot sehingga perkembangan otot bisa maksimal. Saat Anda sudah kelelahan dengan free weights, baru Anda bisa pertimbangkan untuk berlatih dengan mesin atau kabel.
  7. Kurang Istirahat
    Banyak orang tidak menyadari bahwa pertumbuhan otot terjadi justru pada saat Anda istirahat. Anda sudah melakukan semuanya dengan benar, makan makanan sehat, latihan keras dan teratur, suplementasi bagus, namun lupa memberi tubuh kesempatan untuk melakukan pemulihan atau istirahat di antara sesi latihan agar otot memiliki waktu untuk tumbuh dan berkembang.

    Saat ngegym, Anda ‘merusak’ jaringan, setelah selesai, asup nutrisi yang tubuh butuhkan agar otot pulih optimal. Lama istirahat yang dibutuhkan tiap jenis otot dan tiap karakter tubuh berbeda-beda, ada yang 72 jam atau 3 hari. Mana yang cocok untuk Anda, selalu sesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda.

  8. Bergantung pada Timbangan
    Khawatir akan angka di timbangan yang tidak baik-baik membuat sebagian orang makan makanan tinggi lemak untuk mempercepat penambahan berat badan mereka.
    Yang perlu diingat adalah bahwa tubuh tidak bisa terus menerus menambah massa otot tiap minggunya. Jadi jika berat badan Anda naik terus setiap minggunya, kemungkinannya adalah lemak yang naik. Fokuslah pada apa yang Anda lihat di cermin, bukan pada timbangan.
  9. Tujuan Tidak Jelas
    Saat selesai body contest, tanyakan pada para juri, di mana letak kekurangan Anda sebagai bekal untuk perbaikan diri sehingga Anda pun bisa tampil lebih baik di event berikutnya, khususnya di bagian kekurangan otot Anda.
    Nah, mulai sekarang, saat off season, buat tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang bisa Anda realisasikan sehingga off season akan membawa perubahan yang lebih baik.
  10. Skip Meal
    Umumnya, Anda yang tergolong hardgainer pemula merasa tidak gampang lapar, sehingga Anda pun melewatkan makan. Tubuh butuh asupan nutrisi setiap 2,5 hingga 3 jam sekali agar kondisi anabolik tetap terjaga. Dengan melewatkan waktu makan, tubuh Anda mulai “memakan” otot Anda untuk dijadikan bahan bakar energi waktu latihan, padahal ini harus Anda hindari.

Off season adalah saat di mana Anda dapat membuat perubahan pada tubuh Anda dengan memanfaatkan peluang yang ada untuk membuat otot Anda tumbuh dan berkembang. Jadi, hindari kesalahan-kesalahan di atas dan jika Anda melakukan kesalahan tersebut, segera koreksi dan perbaiki program Anda.
Good luck, happy off season, and see you at the next UBC…..