Posted by & filed under Artikel.

Ultimate Body Contest atau akrab kita sebut UBC kini telah memperluas cakupan kategori untuk mampu mewadahi semua fitnes mania dalam berbagai kondisi. Bagi fitnes mania yang masih pemula hingga yang sudah advance sekali pun, sekarang dapat menjadi bagian dari body contest ini. Nah, sekarang, apa saja yang harus Anda persiapkan?

Persiapan pre-kompetisi yang tepat akan menentukan hasil terbaik pada hari kompetisi. Yang terpenting, Anda tidak harus menjadi sempurna, namun jadilah percaya diri, dan persiapkan tubuh Anda sebaik-baiknya.

Persiapan Latihan

Pembentukan otot merupakan salah satu aspek yang paling vital dalam persiapan untuk pertandingan body contest. Apa saja otot yang perlu dilatih? Perhatikan poin-poin di bawah ini:

  1. Chest/Otot Dada: Otot dada merupakan salah satu otot yang membuat Anda terlihat tegap dan merupakan otot yang paling mudah dilihat untuk menentukan massa otot Anda secara keseluruhan. Latih otot dada dengan dumbbell press, pec dec, cable crossover dan dumbbell fly.
  2. Abs/Otot Perut: Otot perut merupakan otot yang paling penting di dalam penilaian body contest, otot six pack yang tajam akan menambah nilai Anda secara signifikan. Latih otot perut Anda dengan ab crunch, hip thrust, hanging leg raise dan lain-lain.
  3. Shoulder/Otot Bahu: Otot bahu membuat Anda terlihat lebih tegap dan membuat postur tubuh Anda menjadi lebih baik, otot dada yang besar akan terlihat jelek jika otot bahu Anda kecil, oleh karena itu latih otot bahu Anda dengan bent over lateral raise, arnold press, front dumbbell raise dan seated overhead dumbbell press.
  4. Back/Otot Punggung: Otot punggung merupakan otot besar yang patut Anda latih, selain membuat badan Anda terlihat tegap, otot punggung merupakan salah satu aspek penilaian terbesar dalam body contest. Latih otot punggung dengan pull up, bent over barbell row, dan seated cable row.
  5. Arms/Otot Tangan: Otot tangan yang kuat diperlukan untuk menyeimbangkan dengan tubuh Anda yang berotot, selain itu otot tangan juga diperlukan sebagai instrumen utama untuk melakukan posing. Latih otot tangan Anda dengan concentration curl, hammer curl, dumbbell kickback dan one arm overhead extension.

Nah, seperti apa pola latihannya? Lihat di bawah ini!

Menu Latihan 8 Minggu Persiapan Menjelang Kompetisi